MENGANALISIS PERMASALAHAN PADA SISTEM KOMUNIKASI VoIP

MENGANALISIS PERMASALAHAN PADA SISTEM KOMUNIKASI VoIP

Pada dasarnya semua sistem yang telah dibuat oleh manusia pastilah tidak ada yang sempurna. Karena hanya Allah SWT. saja yang maha pencipta sehingga tidak ada satupun dari ciptaannya yang sia-sia. Hal ini sesuai dengan Al-Quran Surah Ali-Imran ayat 191:

الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.

Oleh karena itu, pada sistem komunikasi VoIP juga sering ditemukan permasalahan baik dari segi software maupun pada segi hardware. Maka dari itu mari kita bahas permasalahan yang terjadi pada sistem komunikasi VoIP.

A. Pemeriksaan Permasalahan Sistem Komunikasi VoIP 

Permasalahan – permasalahan yang biasanya terjadi pada sistem komunikasi VoIP diantaranya :

  1. ID yang dibuat di server tidak dapat dipakai di client.
  2. Video call bisa berjalan tetapi suaranya tidak terdengar ataupun putus – putus 
  3. Konfigurasi benar tetapi audio mati (tidak terdengar)

B. Memperbaiki Permasalahan Sistem Komunikasi VoIP

Solusi yang dapat dilakukan untuk memecahkan permasalahan diatas diantaranya :

  1. Lihat pada domain pada menu SIP acount  setting pastikan itu adalah ip komputer  yang dijadikan server karena digunakan sebagai gateway
  2. Pengaturan perangkat yang salah pada menu Option sesuaikan settingan sesuai dengan perangkat yang digunakan
  3. Cek konektor kabel atau perangkatnya apakah bermasalah jika iya maka diganti dengan perangkat yang baik.

C. Menguji Hasil Perbaikan Permasalahan Sistem Komunikasi VoIP

Tes VoIP, tes ping, dan traceroute adalah upaya yang dapat menunjukkan dengan tepat apa yang terjadi dengan koneksi VoIP ketika masalah seperti ini terjadi. Upaya-upaya ini tidak memecahkan masalah, tetapi mereka dapat memberi Anda wawasan tentang lokasi dan ruang lingkup masalah yang Anda alami.

1. Tes VoIP

Ketika kualitas panggilan Anda terdengar tidak jelas, atau jika semua panggilan gagal, Anda dapat memulai pemecahan masalah dengan menjalankan tes VoIP. Sebuah tes VoIP biasanya Flash berbasis browser atau aplikasi Java yang mengukur kecepatan, jitter, dan latency dari koneksi internet Anda.

Juga dikenal sebagai tes kecepatan internet , tes VoIP adalah cara cepat untuk melihat apakah Anda memiliki bandwidth yang cukup untuk mendukung panggilan VoIP. Bandwidth menentukan seberapa cepat data panggilan bergerak antara Anda dan orang yang Anda panggil, yang dapat sangat memengaruhi kualitas panggilan VoIP Anda. Semakin banyak bandwidth yang Anda miliki, semakin cepat koneksi Anda, dan semakin banyak panggilan VoIP yang dapat Anda lakukan secara simultan.

Setiap panggilan VoIP membutuhkan sekitar 100 kbps bandwidth unggahan dan unduhan. Aturan praktis yang baik untuk menghitung kebutuhan bandwidth Anda adalah dengan mengasumsikan bahwa 1/10 dari tenaga kerja Anda akan ada di telepon pada waktu tertentu. Tanpa bandwidth yang diperlukan, panggilan VoIP dapat menjadi kacau, atau jatuh sama sekali.

Jika Anda mengalami masalah dengan panggilan VoIP selama jam kerja puncak, itu mungkin tanda bahwa Anda perlu meningkatkan bandwidth Anda. Selama waktu ini, lalu lintas internet Anda paling aktif, karena karyawan mengirim email, menonton video, dan menggunakan bandwidth yang seharusnya digunakan untuk panggilan VoIP. Jika Anda tidak mendapatkan bandwidth yang Anda butuhkan, hubungi Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda untuk meningkatkan atau menunjukkan kepada mereka bahwa Perjanjian Tingkat Layanan (SLA) Anda memberi Anda lebih banyak (lebih banyak tentang itu di bawah ini).

2. Tes Ping

Jitter adalah variasi dalam kecepatan lalu lintas internet Anda. Jitter di atas 10 milidetik dapat mengganggu panggilan. Jika hasil tes VoIP Anda menunjukkan bahwa Anda memiliki bandwidth yang cukup tetapi menunjukkan jitter tinggi, saatnya untuk melihat lebih dekat koneksi Anda dengan tes ping.

Sebuah tes ping adalah alat pemecahan masalah jaringan gratis yang tersedia di semua sistem operasi. Tes ini akan memberi tahu Anda berapa lama lalu lintas internet untuk melakukan perjalanan antara komputer Anda dan perangkat lain di internet. Ini mengukur jitter dan kehilangan paket koneksi Anda , yang keduanya dapat memiliki dampak signifikan pada panggilan VoIP.

Mengapa masalah jitter itu penting? Jika satu paket VoIP berjalan pada 10 ms dan yang lain berjalan pada 200 ms, itu berarti satu paket akan mencapai telepon VoIP jauh lebih cepat daripada yang lain. Ketidakcocokan ini memecah kehalusan dan keseragaman panggilan. Bayangkan jika Anda berbicara dengan teman Anda dan kata-katanya mulai masuk ke telinga Anda pada waktu yang tidak teratur. Percakapan akan menjadi tidak dapat dipahami, yang persis apa yang dilakukan jitter tinggi. Jika Anda mengalami gejala yang sama, Anda harus melakukan tes ping.

Kehilangan paket terjadi ketika paket data tidak pernah mencapai tujuan yang dituju. Anda seharusnya tidak kehilangan paket di jaringan Anda, karena sedikit pun dapat menurunkan panggilan secara signifikan. Pada suatu panggilan, ini akan menyebabkan potongan-potongan audio jatuh di antara Anda dan pemanggil Anda, jadi sepertinya Anda kehilangan bagian-bagian tertentu dari panggilan itu.

Ringkasan hasil tes ping akan menunjukkan apakah Anda mengalami jitter atau kehilangan paket pada koneksi internet Anda. 

3. Traceroute

Setelah Anda menentukan bahwa Anda mengalami jitter atau kehilangan paket, Anda dapat melakukan traceroute untuk mencari tahu di mana tepatnya masalah terjadi.

Sebuah traceroute dapat memberitahu Anda yang router berpotensi menyebabkan masalah dengan koneksi internet Anda. Lalu lintas internet harus melalui banyak router, gateway, dan komputer yang berbeda sebelum mencapai tujuan. Tugas traceroute adalah mencatat semua perangkat perantara ini dan mengukur berapa lama paket dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Dengan mendaftarkan setiap perangkat perantara di sepanjang jalan, Anda dapat secara visual melihat di mana inkonsistensi dalam kecepatan muncul. Jika ini merupakan peningkatan mendadak dalam waktu yang dibutuhkan untuk paket untuk melakukan perjalanan ke router tertentu, atau jika penundaan mulai terwujud setelah router itu, itu merupakan indikasi bahwa di situlah masalah tersebut berasal. Dari sini, Anda dapat mempelajari alamat IP router untuk melihat apakah alamatnya ada di dalam jaringan Anda sendiri, dengan ISP Anda, dengan penyedia layanan VoIP Anda, atau perantara lainnya di sepanjang jalan.


Sumber:

1. https://meishaafifahputri.blogspot.com/2019/09/permasalahan-sistem-komunikasi-voip.html

2. https://akbarbagusratmoyo.blogspot.com/2019/09/cara-memeriksa-permasalahan-sistem.html

Postingan populer dari blog ini

MENGEVALUASI PERANGKAT PASIF JARINGAN FIBER OPTIC

PROSEDUR PENGAMATAN KERJA SISTEM TELEKOMUNIKASI VoIP